Pengertian Animasi Clay

  1. PENGERTIAN

a.pengertian animasiAnimasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupasehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yangditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secaravisual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakanperubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahanwarna pun dapat dikatakan sebuah animasi.b.pengertian kunci animasi.

2.SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN ANIMASI

Animasi adalah film yang berasal dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadigambar yang bergerak. Bentuk animasi tertua diperkirakan wayang kulit. Karena wayangmemenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasimusik.Animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika. Pada saat itu teknik stopmotion animation banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian gambardiam/frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambartersebut bergerak. Teknik ini sangat sulit, membutuhkan waktu, juga biaya yang banyak.Karenauntuk menciptakan animasi selama satu dektik, kita membutuhkan sebanyak 12-24frame gambar diam. Bayangkan jika film animasi itu berdurasi satu jam bahkan lebih.J. Stuart Blackton mungkin adalah orang Amerika pertama yang menjadi pionir dalammenggunakan teknik stop motion animation. Beberapa film yang telah diciptakannyadengan menggunakan teknik ini adalah The Enchanted Drawing (1900) dan HumorousPhases of Funny Faces (1906).Selanjutnya, setelah teknologi komputer berkembang, bermunculan animasi yang dibuatdengan teknologi komputer. Animasi itu macam-macam jenisnya. Ada yang 2 dimensi (2D)dan 3 dimensi (3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer denganmenggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Sedangkan 3D lebih komplekslagi karena menambahkan berbagai efek di dalamnya seperti efek percahayaan, air danapi, dan sebagainya.Tokoh yang dianggap berjasa besar mengembangkan film animasi adalah Walt Disney.Walt Disney banyak menghasilkan karya fenomenali Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio,Putri Salju, dan lainnya. Walt Disney pulalah yang pertama membuat film animasibersuara.Yakni, film Mickey Mouse yang diputar perdana di Steamboat Willie di ColonyTheatre, New York pada 18 November 1928. Walt Disney juga menciptakan animasiberwarna pertama yakni, Flower and Trees yang diproduksi Silly Symphonies di tahun1932.

Film animasi merambah pula ke negara-negara Asia. Jepang misalnya juga telahmengambangkan film animasi sejak tahun 1913 dimana pada waktu itu dilakukan FirstExperiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaropada tahun 1913. Selanjutnya, animasi di Jepang mengikuti pula perkembangan animasi diAmerika Serikat seperti dalam hal penambahan suara dan warna. Dalam perkembanganselanjutnya, kedua negara ini banyak bersaing dalam pembuatan animasi. Amerika dikenaldengan animasinya yang menggunakan teknologi yang canggih dan kadang simpel.Sedangkan animasi Jepang mempunyai jalan cerita yang menarik. (Pmails/ Cesar ZehanCamille).

3.PRINSIP-PRINSIP DASAR ANIMASI BESERTA CONTONYA

Untuk menjadi animator yang baik kita harus mengetahui 12 prinsip dasar animasi….1) Squash and Stretch ( Menekan dan Melentur)Squash and stretch bisa membuat benda-benda hidup atau benda mati dibuat seolah-olahhidup, menjadi lebih ekspresif dan “bernyawa”, bergerak dengan lebih realistis.Misalnya karung beras yang dibuat seolah bisa tertawa geli, malu atau marah.Atau contoh paling klasik : bouncing ball. Squash ketika berada di tanah, stretch sebelumdan sesudahnya. Stretching walaupun tidak realistis2) Anticipation (Antisipasi) Membuat setiap gerakan secara berurutan sehingga dapatdinikmati dan dimengerti oleh penonton. Contohnya bila Donald Duck ingin berlari kencangdia akan mengangkat kaki dahulu untuk mengambil ancang-ancang, lantas berlari.3) Staging (Penataan Gerak) Staging (Penataan gerak) adalah prinsip yang bersifat palingumum karena mencakup banyak area. Misalnya bagaimana mempresentasikan sebuahkarakter agar dapat dikenal dengan baik oleh penonton. Termasuk ke dalamnya ekspresi yg ingin ditampilkan, mood yang ingin dibentuk, semua dapat dikomunikasikan dengan baikkepada penonton bila semua dibentuk dalam penataan gerak yang tepat dan jelas.Misalnya Minnie Mouse merupakan karakter yang dibuat gerak-geriknya selalu femininedalam situasi apapun.4) Straight Ahead and Pose to Pose Merupakan dua pendekatan dalam menggambaranimasi. Pada metode Straight Ahead, animator akan menggambar secara spontan gambardemi gambar setelah mengetahui story point. Dalam metode pose to pose, animatorbekerja lebih terencana – – membuat gambar, gerakan, ukuran – – sedini mungkin, sejakawal sebelum mulai menggambar.5) Follow Through and Overlapping Action (Gerakan Mengikuti) Bila suatu karakter dalamsebuah scene berhenti bergerak, dia tidak akan berhenti secara tiba-tiba. Diperlukanpenghitungan timing yang tepat. Misalnya saat Goofy yang bertelinga panjang berhentibergerak (stop ditempat) makan telinganya akan tetap berayun atau bila memakai jubah, jubahnya masih tetap berkelebat disaat berhenti. Inilah yang dimaksud gerakan

mengikuti.6) Slow In and Slow Out Merupakan pengaturan timing dan staging dalam suatu scene kescene. Ada gerakan melambatkan di saat memulai sesuatu dan melambat ketika suatuobjek di akhir gerakan.7) Archs (Konstruksi Lengkung)8) Secondary Action (Gerakan Pedukung) Adalah gerakan-gerakan yang mendukung suatuekspresi atau aksi agar lebih terlihat jelas. Misalkan Seorang yang sedang sedih akanmengusap tangannya keb wajah untuk menghapus air mata. Hal ini juga berkaitan denganstaging (penataaan gerak)9) Timing10) Exaggeration (Melebihkan) Yang dimaksud dengan “melebih-lebihkan” sesuatu adalahmembuat gambar dalam suatu aksi menjadi lebih meyakinkan atau lebih terlihat lucu.Misalnya Mickey yang mengendarai mobil butut, mobilnya berguncang dan berisik, lalu platnomornya rontok dan pada saat belok bannya meletus.11) Solid Drawing Adalah kemampuan menggambar yang baik dan benar. Dalam membuatkomposisi gambar secara baik dan terlihat hidup.12) Appeal (Daya Tarik) Adalah suatu kualitas dimana orang dapat menikmati suatugambar yang memikat, desain bagus, komunikatif dan memiliki magnet.

Leave a comment